SELAMAT DATANG DI BLOG YANG SEDERHANA INI, MUDAHAN BISA MEMBANTU

Kamis, 23 Februari 2012

Memperbaiki Cartridge Canon & HP yang Buntu

Memperbaiki Cartridge Canon & Hp yang Buntu dengan Menggunakan Sedotan Tinta Sederhana

Pada posting kali ini, saya akan share / membagi cara sederhana membuat sedotan tinta sederhana untuk mengatasi permasalahan head buntu / kering pada cartridge canon dan hp.

Sebelum anda melangkah pada tahap ini, saya sarankan untuk mencoba langkah awal dalam memperbaiki cartridge buntu yaitu dengan menggunakan cairan cleaner head.

Langkah-langkah memperbaiki head cartridge yang buntu dengan cleaner tinta adalah:

  1. Siapkan mangkok kecil.
  2. Isi mangkok tersebut dengan cairan cleaner head secukupnya lebih kurang 20 ml.
  3. Tempatkan cartridge ke dalam mangkok hingga head print cartridge terrendam cairan cleaner head. (Jangan sampai cairan cleaner head merendam pin connector cartridge).
  4. Remdam selama 1 – 2 jam / hingga tinta keluar dari head cartridge.
  5. Keringkan dengan tissue secara perlahan.
  6. Test cartridge pada printer

Apabila head masih buntu anda bisa mengulangi langkah diatas dengan memanfaatkan air panas untuk membantu perendaman. Untuk langkah ini saya sarankan bagi yang sudah berpengalaman. Beberapa kasus terjadi salah persepsi pada penggunaan air panas untuk memperbaiki head cartridge yang buntu.

Perhatian!!! Jangan menuang air mendidih secara langsung pada head cartridge / merendam head cartridge pada air mendidih secara langsung karena akan merusak head cartridge. Lakukan langkah berikut:

  1. Pergunakan 2 buah mangkok, mangkok kecil & mangkok yang agak besar.
  2. Isi mangkok kecil dengan cairan cleaner, masukkan cartridge dalam mangkok kecil.
  3. Letakkan mangkok kecil yang berisi cartridge pada mangkok besar.
  4. Tuang air panas pada mangkok besar. biarkan hingga air pada mangkok besar menjadi dingin.
  5. Lakukan langkah 4 beberapa kali.

Apabila kedua langkah penggunaan cairan cleaner tidak membuahkan hasil, maka kita berlanjut pada metode memperbaiki head cartridge yang buntu dengan membuat sedotan tinta sederhana. Sebelum mengenal metode ini, saya sering menyedot tinta pada head cartridge dengan bibir secara langsung. Walaupun metode ini cukup membantu tapi sangat tidak menyenangkan karena membuat bibir kotor dengan tinta.

Pertama-tama, anda perlu mempersiapan alat-alat yang diperlukan. Alat-alat yang diperlukan antara lain:

  1. Suntikan Tinta yang sudah tidak terpakai.
  2. Ink Absorber pada tempat parking cartridge pada printer canon bekas / yang sudah tidak terpakai.
  3. Selang karet.

Langkah kerja:

  1. Lepaskan tempat penyerap tinta hitam dan warna dari tempat parking cartride canon bekas. Pada bagian belakang / samping penyerap tinta terdapat saluran pembuangan, pasangkan selang untuk menghubungkan penyerap tinta dengan ujung suntikan. Maka anda sudah memperoleh sedotan tinta sederhana dan tidak perlu lagi menyedot tinta pada head cartridge dengan bibir anda.
  2. Tempelkan permukaan penyerap tinta pada head cartridge, tekan bagian belakang agar vakum. Sedot dengan menggunakan suntikan secara perlahan-lahan hingga tinta memenuhi sedotan.
  3. Lakukan beberapa kali hingga tinta keluar dari head cartridge.
  4. Test cartridge pada printer.

Tips merawat dan membersihkan Head Printer yang mengering dan tersumbat atau mampet! Head print yang tersumbat dan mengering ini banyak dialami oleh pengguna printer Epson khususnya printer jenis Inkjet.


Ada beberapa tips merawat head print pastikan anda menggunakan tinta berkualitas yang sudah melalui proses filtrasi sempurna, karena tinta yang sembarangan bisa menyebabkan Head printer menjadi tersumbat atau mampet atau tidak mengeluarkan tinta dengan sempurna.

Head printer bisa mengering dan tersumbat dikarnakan printer tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama atau jarang digunakan. Istilah untuk printer yang tersumbat atau mengering ini sering dikenal dengan Clogged print head.

Untuk cara mengatasinya atau membersih head printer yang mampet, mengering atau tersumbat ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Untuk type printer terbaru khususnya printer Epson pastilah dilengkapi dengan fasilitas Cleaning System, nah..untuk langkah pertama, coba anda gunakan fasilitas tersebut dengan melakukan testing printer secara berulang-ulang. Untuk fasilitas bawaan dari printer terbaru lainnya adalah pembersih head atau Cleening Head. Gunanya adalah untuk membersihkan head print yang tersumbat, tapi untuk fasilitas ini jarang berhasil! Dan apabila anda melakukan fasilitas ini secara berulang-ulang 10 kali atau lebih, maka akan menyebabkan tinta menjadi boros, atau lebih parahnya dapat menyebabkan Waste Ink Tank Full sehingga perlu dilakukan Resetter untuk printer tersebut.

3 komentar:

  1. bagus web nya,,,,
    by : www.eronseven.co.cc

    BalasHapus
  2. ini info yang ane cari..
    Trimakasih gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua,

      Hapus